Selasa, 22 Mei 2012

Flash back nih (ceritanya..)


bissmillah.. dengan nama Robb ku yang kasihnya tak pernah henti,, terimakasih Alloh, karena Engkau masih mempersilahkan jantung ini berdebar,, menghirup udara segar,, dan terimakasih Alloh,, karena Engkau masih menanamkan iman ini dalam hati,, meski diri lebih sering lalai daripada ingat.. meski maksiat masih mendominasi daripada amal shalih.. 

yaahh.. tema kali ini adalah back to masa lalu. kembali mengenang tingkah polah ku dahulu.. terutama saat tadi,, saat aku sedang berjalan di depan SMA 2 purwokerto. sebenarnya ini tidak masuk ke dalam planningku hari ini.. setelah pengambilan data awal di bapernas PKB banyumas (hehe.. maklum, ini jadi agenda wajib mhasiswa tngkat akhir,, skripsi, apalagi?? *abaikan yg ini),, rencana ingin main ke salah satu tempat favorit kala SMA dulu. UPT perpustakaan daerah. Lama banget aku gak kesana,, sekarang udah canggih,, ada wifi nya, sistemnya pun udah komputerize, gak kayak dulu,, manual abiss (berasa katrok ya.. ahaha.. :p), meski gedungnya masih yg dulu,, gak berubah. dan yang jelas,, aku masih hafal banget sama mas mas penjaga perpusnya.. ternyata gak ganti, trus wajahya juga gak berubah,, masih kayak 4 tahun yang lalu. tapi kayaknya mas nya gak inget aku deh *sedih* (ya iyyalah.. gak penting inget kamu miL, hehe).
kembali ke laptop, nah,, dari bapernas PKB, aku diturunin sama pak angkot di depan SMA 2, so otomatis aku harus jalan kaki ke perpusda. ya gapapalah,, itung itung olahraga siang,, lumayan nurunin berat badan beberapa gram :D. akhirnya,, dengan senang hati aku berjalan,, sengaja pelan,, dan aku coba amati skolahku,, warung2 yang ada didepan skolahku,, tempat dulu aku sering jajan,, fotokopi, nge-net,dll. ternyata banyak yg udah ganti,, entah bangkrut atau pindah tempat,, aku tak tau. tiba2 bayangan saat2 SMA saling berkelebat di kepalaku.. bak burung2 yg berputar kalau orang lgi pusing,,, yang ini beda, yg berputar bukan burung,, tapi foto2 kenangan :D. tiba-tiba kenangan itu berhenti di foto awal aku masuk SMA dan saat aku lulus. beda banget rasanya.
teringat kata bu wulan,, "belajarlah ber-khotirot", kalau kata ku, mungkin makna khotirot itu memandang segala seswtu, peristiwa yg kita temukan, atau hal-hal kecil apapun dengan lebih dalam, coba memaknainya pula dengan lebih dalam, maka kita akan menemukan sesuatu yang membuat hati ini lebih bijak dan lapang.. (gak ngerti bahasa arab,, coba membahasakannya sendiri :D). 

maka dari proses mengenang dan mengamati tadi,, maka jadi bertambahlah kefahamanku akan 'istiqomah'. meski belum utuh,, tapi inilah proses belajar. istiqomah itu bukan hasil,, tapi sebuah proses yang sangat panjang -dan mungkin melelahkan- gak akan berhenti hingga kita beristirahat di syurga. maka, sunnatulloh,, ujian dan cobaan untuk kembali ke masa-masa 'jahil' itu akan sangat banyak dan menggiurkan.. bukan berarti saat ini yg sudah bramal banyak bisa meng-klaim sudah istiqomah lho yaa..(apalagi yang udah bernama istiqomah.. hehe.. piiisss :p)  karena semua manusia tidak akan ada yang tau akhir dari kehidupan nya.. sudah pasti, jagalah hati, jangan ada kesombongan bagi yang sudah di dunia 'putih',, dan janganlah psimis bagi yang masih didunia 'hitam'. sebab Alloh lebih suka dengan hambanya yang masih berharap. maka berharaplah Alloh senantiasa menuntun langkah ini untuk berjalan di jalan yang dicintai Nya. jika masih tergelincir,, berharaplah Alloh mengembalikan kita ke tempat itu,, jika terjatuh,, berharaplah Ia pun menolong kita untuk bangkit,, jika ingin berbelok,, berharaplah Alloh memberikan kemampuan melihat kembali masa lalu yang suram,, mentafakurinya,, hingga surut keinginan berbelok itu.. maka,, teruslah berharap,, karena harapan itu masih ada selagi Alloh belum memutuskan kehidupan ini.

maka,, masa lalu kejahilan itu bukan untuk dilupakan, bukan untuk dibuang sejauh-jauhnya,, tapi justru digunakan untuk terus dikenang, dipelajari, dianalisis plus minusnya,, maka ketika kita merasa lelah, ingin berhenti dan berbelok arah, cobalah sejenak kembali mengenangnya, maukah kita kembali kepada jalan yang Alloh tak ridho dengannya? padahal telah nyata jalan nan indah yang Alloh tunjukan di hadapan kita, Alloh ridho dengannya, dan orang2 beriman sebelum kita pun telah melalui jalan yang sama.. terlalu sayang jika kita lewatkan hanya karena ajakan semu "sang penggoda abadi".
sebab memang seperti itulah kebaikan, terlalu pahit untuk ditelan, padahal sungguh manis jika telah memasuki lambung. dan seperti itulah keburukan, indah dan menggiurkan untuk dimakan, namun merusak organ tubuh. seperti halnya sebuah hadist yang menggambarkan seorang dajjal. Dajjal itu akan membawa air dan api ditangannya, padahal air yang manusia anggap air sejatinya adalah api,, dan api yang manusia anggap sebagai api, sejatinya adalah air yang menyejukkan.
hanya ada 2 pilihan di dunia ini,, jika kita bukan hizbulloh, maka kita adalah  hizbusysyaithon,, jika bukan sabilillah,, maka sabiliththoghut..
so,, mau pilih yang mana? jangan sampai abstain ato golput ya.. sebab ini bukan pemilu (pemilihan umum), ini adalah pemilihan sejati,, yang janji Alloh untuk para pemilih hizbulloh bukan janji palsu,, nyata dan niscaya. dan jangan hanya jadi pemilih,, tapi jadilah bagian darinya,, para pencari Tuhan yang "be better every day". menjadi subjek kebaikan,, bukan objek kebaikan,, menjadi pemain kebaikan,, bukan penonton kebaikan.. karena sudah pasti nilainya pun akan berbeda di hadapan Alloh robbul 'izzati.
smangKAA..
wallohu 'alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar